large image
Pembangunan Alun-Alun Kota Cilegon dalam Upaya Mewujudkan “Green City”
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-11-06 -|- 06:28:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Undang-undang No. 26 tahun 2007 tentang penataan ruang mengamanatkan bahwa Pemerintah Kota harus memiliki RTH minimal 30% dari luas wilayah kota yang terdiri 20% RTH Publik dan 10 % RTH Privat. Yang dimaksud RTH sendiri adalah area yang memanjang berbentuk jalur dan atau mengelompok, yang penggunaanya bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh secara alamiah maupun yang sengaja di tanam, sedangkan yang dimaksud dengan ruang terbuka hijau publik merupakan ruang terbuka hijau yang dimilki dan dikelola oleh pemerintah daerah kota yang digunakan untuk kepentingan masyarakat secara umum. Dan ruang terbuka privat adalah ruang terbuka hijau yang dimiliki perseorangan atau institusi tertentu yang digunakan untuk kalangan terbatas.


Adapun tujuan penyelenggaraan Ruang Terbuka Hijau adalah pertama, untuk menjaga ketersediaan lahan sebagai kawasan resapan air; kedua, untuk mencipatkan aspek planologis perkotaan melalui keseimbangan antara lingkungan alam dan lingkungan binaan yang berguna untuk kepentingan masyarakat; yang terakhir, untuk meningkatkan keselarasan lingkungan perkotaan sebagai sarana pengaman lingkungan perkotaan yang aman, nyaman, segar, indah dan bersih (dikutip dari Permen PU nomor 05/PRT/M/2008).


Proporsi ruang terbuka hijau seluas 20% dari luas wilayah kota yang disediakan oleh Pemerintah Kota hal ini dimaksudkan untuk menjamin ketercapaian proporsi ruang terbuka hijau minimal, sehingga memungkinkan pemanfaatannya secara luas oleh masyarakat. Pemerintah Kota Cilegon dengan membangun Alun-Alun Kota (ground braking dilakukan pada 27 April 2017 lalu bertepatan dengan puncak perayaan hari jadi Kota Cilegon yang ke 18) adalah dalam upaya memenuhi kewajibannya menyediakan ruang terbuka hijau bagi masyarakat.


Sebelumnya Pemerintah Kota Cilegon telah membangun taman-taman di beberapa lokasi diantaranya taman kota di Kecamatan (diantaranya Kecamatan Cilegon Kecamatan Jombang, dan Kecamatan Ciwandan).



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Seberapa sering anda berkunjung ke Taman Kota yang ada di Kota Cilegon?

Tidak Pernah
Pernah
Sering
Sering Sekali

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA