large image
KEPALA PERANGKAT DAERAH

Ahmad Aziz Setia A, ST., MM
NIP. 19680930 199403 1 005
SEKILAS KOTA CILEGON
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


TAMAN LAYAK ANAK
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-02-28 -|- 04:24:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Taman adalah merupakan  sebuah  tempat yang sejuk, nyaman, teduh, banyak pepohonan bunga yang bermekaran dan tentu saja banyak pengunjung menjadikannya tempat bersantai, berolah raga dan juga bermain, maka tak heran taman dijadikan tempat untuk menghidari sesaat kesibukan pekerjaan dan rutinitas sehari hari atau tempat untuk refresing.


Menurut Djamal (2005). taman adalah sebidang tanah terbuka dengan luasan tertentu di dalamnya ditanam pepohonan, perdu, semak dan rerumputan yang dapat dikombinasikan dengan kreasi dari bahan lainnya. Keberadaan suatu Taman Kota sangat penting dalam mengakomodir kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTM) perkotaan. Sebagaimana diamanatkan oleh UU No. 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang Pasal 29 bahwa ruang terbuka hijau terdiri dari ruang terbuka hijau publik dan ruang terbuka hijau privat. Proporsi ruang terbuka hijau pada wilayah kota paling sedikit 30  (tiga puluh) persen dari luas wilayah kota.


Taman di berbagai kota di Indonesia saat ini telah banyak dibangun yang mempunyai fungsi salain sebagai taman bermain juga sebagai paru-paru kota yang dapat menyerap polusi yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor, polusi pabrik, dan lainnya.


Taman Kota sebagai bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) memiliki fungsi secara ekologis, sosial budaya dan estetis. Secara ekologis taman kota berfungsi untuk mengatur iklim mikro, menghasilkan oksigen, penyangga dari kegitana industri, menahan angin dan menyerap air hujan.


Secara sosial budaya taman kota berfungsi sebagai tempat rekreasi, tempat interaksi dan komunikasi warga, tempat pendidikan dan pelatihan.


Secara estetis taman kota berfungsi untuk menciptakan suasana serasi, meningkatkab kenyamanan dan memperindah lingkungan kota.


Kota Cilegon yang dikenal sebagai kota industri menyadari akan pentingnya keberadaan taman kota. Oleh karena itu Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan taman kota bagi wargany sehingga terwujud Kota Cilegon yang asri, nyaman dan indah.


Taman di Kota Cilegon telah banyak di bangun diantaranya taman yang ramah lingkungan dan dipadukan dengan konsep ramah anak dan layanan edukatif, yakni Taman Layak Anak yang telah dibangun oleh Pemerintah Kota Cilegon yang terletak tepat di depan kantor Polres Colegon Kota (Jl. Jombang Masjid No.20, Ramanuju, Kec. Purwakarta, Kota Cilegon ) saat ini taman layak anak telah dapat dikunjungi oleh masyarakat Kota dan berfungsi selain sebagai tempat bermain juga sebagai sarana edukatif. *MAS-DPKP)



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Seberapa sering anda berkunjung ke Taman Kota yang ada di Kota Cilegon?

Tidak Pernah
Pernah
Sering
Sering Sekali

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA