large image
KEPALA PERANGKAT DAERAH

Ahmad Aziz Setia A, ST., MM
NIP. 19680930 199403 1 005
SEKILAS KOTA CILEGON
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


GERBANG KOTA
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-03-05 -|- 11:40:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Karakter bentuk fisik kota perlu dikenali melalui elemen dasar lingkungan, bentuk ruang dan kualitas nilai suatu tempat. Pemahaman makna tentang nilai, keunikan, karakteristik suatu tempat akan membentuk suatu identitas.


Identitas akan memberikan ”arti” sebagai pembentukan image suatu tempat (Lynch,1960).


Kota merupakan gerbang masuk segala pengaruh dan perubahan bagi daerah belakang (hinterland). Perkembangan sosial budaya tersebut telah memperkaya wujud fisik kota dan membentuk citra (image) kota. Penampilan sebuah kota adalah citra yang dibaca oleh warganya maupun tamu yang berkunjung. Apakah sebuah kota mempunyai kesan ”welcome"?


Warga yang menilai kotanya cukup bersih, teratur, nyaman, dan segar tentu akan tinggal dengan kebanggaan sebagai warga kota. Begitu pula tamu yang memiliki kesan baik, mencatat kota bersangkutan sebagai kota yang layak dikunjungi di kesempatan mendatang.


Gagasan menciptakan identitas suatu daerah atau suatu kota kerap dicoba dimanifestasikan dalam wujud fisik diantaranya melalui pembangunan Gerbang/Tugu Kota. Membangun gerbang/tugu perbatasan wilayah Kota Cilegon merupakan salah satu hal penting bagi identitas Kota Cilegon.


Warga luar sering tidak tahu, saat di mana mereka sudah memasuki wilayah Kota Cilegon ketika perjalanan memasuki Kota Cilegon.


Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Perumahan dan Permukiman telah membuat gerbang/tugu kota di dua titik. Titik yang pertama yaitu di wilayah timur yang berbatasan dengan Kecamatan Kramat Watu Kabupaten Serang.


Titik yang kedua adalah di wilayah selatan yang berbatasan dengan Kecamatan Anyer Kabupaten Serang.


Gerbang kota yang dibangun memiliki filosofi:



  1. Bentuk lengkung memberi kesan seolah menyambut orang yang akan dating ke Kota Cilegon

  2. Bentuk gerbang yang diadopsi dari bangunan bersejarah Kaibon dan banyak dijadikan desain gerbang/ pintu masuk menuju tapak yang ada di wilayah Banten.

  3. Bentuk-bentuk lengkung dan persegi menjadi satu kesatuan yang dinamis dalam pembentuk karakter penyambut

  4. Penggunaan material yang didominasi oleh material baja, mempertegas bahwa Kota Cilegon merupakan kota baja terbesar di indonesia dan Asia Tenggara.


Dengan adanya gerbang kota ini menjadi penanda yang memberikan informasi tentang tempat dan menjadi simbol Kota Cilegon. *MAS-DPKP)



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Seberapa sering anda berkunjung ke Taman Kota yang ada di Kota Cilegon?

Tidak Pernah
Pernah
Sering
Sering Sekali

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA