large image
KEPALA PERANGKAT DAERAH

Ahmad Aziz Setia A, ST., MM
NIP. 19680930 199403 1 005
SEKILAS KOTA CILEGON
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh)
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-10-24 -|- 03:38:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Surat Edaran Dirjen Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umuman Perumahan Rakyat Nomor 02/PRT/M/2016 tentang Peningkatan Kualitas terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh.


Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) melalui revitalisasi peran Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) sebagai komponen penting dalam pencegahan, peningkatan kualitas, dan pengelolaan yang dilaksanakan pada permukiman kumuh kategori kumuh ringan, kumuh sedang, hingga kumuh berat yang bertujuan untuk mendukung Pemerintah Daerah dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar di permukiman kumuh perkotaan untuk mewujudkan permukiman perkotaan yang layak huni, produktif dan berkelanjutan.


Pemerintah Kota Cilegon sangat berperan aktif dalam upaya Penataan Kawasan kumuh hal ini dituangkan dalam Surat Keputusan Walikota Cilegon Nomor SK 600/Kep. 314-DPU/2016, Kota Cilegon mempunyai 30,70 Ha yang harus dituntaskan (0 kumuh) di tahun 2019 sesuai dengan target nasional (RPJMN)


Kota Cilegon di tahun 2017 dari target berkurang 20% menjadi 24,56 Ha hanya berkurang 18.57% (menjadi 25 Ha) masih ada gap kurang lebih 0.44 Ha. Dengan demikian di 2018 harus berkurang menjadi 12.28 Ha (Harus terjadi pengurangan kurang lebih 12.72 Ha)


Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di kota Cilegon sejak tahun 2017 kegiatannya dilaksanakan di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Cilegon meliputi kegiatan Cakupan jalan lingkungan (paving blok), Pembuatan saluran drainase, Peningkatan Sarana Air Bersih, dan Persampahan


Sesuai dengan tujuan program, penanganan permukiman kumuh yang dimaksud dalam Program KOTAKU tidak hanya mengatasi kekumuhan yang sudah ada, namun juga untuk mencegah tumbuhnya kekumuhan baru.


Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Cilegon bulan Agustus 2018 telah melaksanakan proses administrasi kegiatan KOTAKU dan pada bulan September telah dilaksanakan kegiatan fisik , yaitu Saluran Drainase dan Persampahan di Kelurah Gedong Dalam dan Kelurah Masigit. (*dikutip dai berbagai sumber)


Berikut ini adalah dokumentasi kegiatannya


KotaKU


KotaKU Drainase


KotaKu Grobak Sampah



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Seberapa sering anda berkunjung ke Taman Kota yang ada di Kota Cilegon?

Tidak Pernah
Pernah
Sering
Sering Sekali

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA