large image
KEPALA PERANGKAT DAERAH

Ahmad Aziz Setia A, ST., MM
NIP. 19680930 199403 1 005
SEKILAS KOTA CILEGON
PENGUMUMAN
AGENDA
PUSAT UNDUHAN
Klik Gambar di Bawah ini
LINK TERKAIT


MENGENAL TAMAN KOTA
Kategori Berita | Diposting pada : 2018-12-17 -|- 03:37:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

MENGENAL TAMAN KOTA


Taman kota adalah taman yang berada di lingkungna perkotaan, taman ini sengaja dibangun dan diberdayakan oleh pemerintah daerah untuk kepantingan warganya. Terutama dalam menambah estetika keindahan kota. Taman kota berfungsi sebagai ruang terbuka hijau harus mampu mengantisifasi dampak-dampak yang ditimbulkan oleh perkembangan kota dan dapat dinikmati oleh seluruh warga kota. Selain itu taman kota juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan air tanah. Sehingga mencegah datangnya banjir dan erosi serta menjamin pasokan air tanah.


Sebuah kota di era modern seperti saat ini perlu ditunjang dengan ruang public. Salah satunya yang mampu mnjadi solusi atas kebutuhan itu ialah taman kota. Disamping berfungsi sebagai ruang public, taman kota juga memiliki fungsi sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH).


MANFAAT TAMAN KOTA


Taman kota dipandang sebagai salah satu kebutuhan dasar sebuah kota. Sebab taman kota memiliki banyak manfaat, diantaranya :



  • Sebagai Tempat Rekreasi


Taman kota iriemiliki inanfaat sosial dari keberadaannya Karema taman kota mudah dijangkau oleh seluruh kalangan mulai dari masyarakat kelas bawah hingga atas, mulai anak-anak hingga lansia.



  • Memambah Estetika Kota


kehadiran taman di sebuah kota membawa hawa sejuk, Kepadatan lalu lintas harus diimbangi  dengan pemandangan hijau pepohonan, yang juga berfungsi sebagai penyaring polusi udara dari kendaraan bermotor dan cerobong asap pabrik.



  • Sebagai Landmark Kota


adanya taman di sebuah kota mamw penjadi Landmark atau ikon kota. Apalagi jika taman kota tersebut sangat menarik atau unik. Ini mampu menjadi nilai tambah bagi masyarakat yang pertama kali mengunjungi kota dengan taman tersebut.


TANTANGAN TAMAN KOTA


Kendati beragam fugsi positif, namun bukan berarti Pemerintah Kota CIlegon tidak memiliki tantangan didam membangun dan memberdayakan taman kota.


UU nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang


Proporsi RTH pada wilayah kota paling sedikt 30% dari luas wilayah kota. Proporsi RTH public pada wilayah kota paling sedikit 20% dari luas wilayah kota. Distribusi RTH public disesuaikan dengan sebaran penduduk dan hirarki pelayanan dengan memperhatikan rencana struktur dan pola ruang.


Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Cilegon.


Dalam Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2011 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Cilegon ditetapkan Ruang Terbuka Hijau di Kota Cilegon ialah sebesar 30% dari luas wilayah Kota Cilegon. Hal ini mengacu pada Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang yang menyebutkan prosentase serupa, sesuai dengan fungsinya.


TUJUAN TAMAN KOTA


pada prinsipnya Taman Kota dibangun untuk memenuhi ketersediaan oksigen warga di kota itu sendiri.Tanaman di dalam Taman memiliki fungsi utama sebagai paru-paru bagi kota.


Setiap 1 hektar ruang terbuka hijau diperkirakan mampu menghasilkan 0,6 ton oksigen, untuk kapasitas konsumsi 1.500 penduduk per harinya. Selain memproduksi, ruang terbuka hijau juga memperbaiki kualitas oksigen dengan menyerap karbondioksida(CO2)hasil pernapasan.


PRINSIP TAMAN KOTA


Meningkatkan lingkungan hidup perkotaan yang nyaman dan segar sebagai media pengaman lingkungan perkotaan. Menciptakan lingkungan yang serasi dengan alamyang berguna demi kepentingan umum/masyarakat.


IDE POKOK PEMBANGUNAN TAMAN KOTA


Perbedaan terbesar Kota Cilegon dibanding kota-kota lainnya di Provinsi Banten,adalah keberadaan taman kota. Beberapa tahun lalu,tidak sedikit warga Kota Cilegon yang rela menempuh jarak puluhan kilo meter demi berkunjung ke taman kota di luar daerah. Sebab Kota Cilegon, beberapa tahun kebelakang masih minim fasilitas RTH


Pembangunan Taman Kota yang merupakan Ruang Terbuka Hijau diharapkan mampu menjadi tempat pelipur dikala penat sehingga dari tempat itu melahirkan suasana yang nyaman dan damai. Selebihnya taman kota dapat berfungsi ekologis, yang menjamin keberlangsungan suatu wilavah Kota secara fisik, dan dapat difungsikan sebagai pusat interaksi masyarakat vang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui lingkungan yang sehat.


*sumber pamplet Dinas Perumahan dan kawasan Permukiman Kota Cilegon



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Seberapa sering anda berkunjung ke Taman Kota yang ada di Kota Cilegon?

Tidak Pernah
Pernah
Sering
Sering Sekali

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA